Manfaat Tanaman Mengkudu untuk Kesehatan

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah tak asing lagi dengan mengkudu.

Walau rasa buah ini pahit, namun ada beberapa kalangan memilih mengonsumsinya karena khasiat kesehatan yang dihasilkan.

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk (Madura); tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, tergolong dalam famili Rubiaceae. Nama lain untuk tanaman ini adalah noni (Betawi,Hawaii), nono (Tahiti), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar) dan ach (Hindi).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.


Asal Usul Tanaman

Asal usul mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari (Asia Tenggara). Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara.Tanpa sebab yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka. Ada kesan para pengembara itu di kecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah lama mengembara, mereka sampai di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut langsung jatuh hati saat melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya.

Uniknya, mereka seakan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke pulau lain. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sejumlah tumbuhan dan hewan yang ikut dibawa, karena dianggap penting untuk mempertahankan hidup. Beberapa tumbuhan asli, seperti pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, dan mengkudu, dibawanya.Di antara yang dibawa itu, masih ada yang berupa stek dan tunas. Salah satu tumbuhan itu, yakni mengkudu, dianggap barang keramat. Sejak 1500 tahun lalu penduduk kepulauan yang kini disebut hawaii itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. Mereka menduga tumbuhan bernama latin Morinda citrifolia tersebut memiliki banyak manfaat. Mereka memandangnya sebagai Hawaii magic plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit. (https://id.wikipedia.org)

Kandungan Buah Mengkudu

  • Zat nutrisi.

secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

  • Terpenoid. 

Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

  • Zat anti bakteri.

Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

  • Scolopetin. 

Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.

  • Zat anti kanker. 

Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

  • Xeronine dan Proxeronine. 

Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

10 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

  • Mengobati arthritis. 

Keluhan utama dari pasien yang menderita arthritis adalah rasa sakit. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jus Noni membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terlibat dalam arthritis karena sifat analgesiknya. Jika Anda menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Anda dapat mengurangi rasa sakit radang sendi.

  • Menurunkan risiko encok. 

Encok atau gout adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko encok.

  • Meningkatkan energi. 

Selama ribuan tahun, jus mengkudu telah digunakan untuk memerangi kelemahan tubuh secara umum, meningkatkan energi dan meningkatkan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

  • Melembapkan kulit. 

Jus mengkudu adalah pembangkit antioksidan dan bekerja sebagai pelembab yang hebat, jika dioleskan pada kulit. Mengkudu secara alami memperbaiki kulit Anda. Jadi, lupakan kulit kering dan kulit belang, dan selamat datang kulit yang terhidrasi dengan sehat.

  • Mencegah penuaan. 

Manfaat buah mengkudu yang mengandung Vitamin C dan selenium dapat membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan. Penting untuk merawat kulit Anda dan menjaganya tetap sehat dan muda kan.

  • Mengobati iritasi kulit kepala. 

Dr Reema Arora, Dermatolog yang berbasis di Delhi mengatakan, “Meskipun tidak banyak literatur medis tentang jus Noni, kami dapat mengatakan ini (jus mengkudu) memiliki beberapa manfaat buah mengkudu yang luar biasa. Ia memiliki sifat antibakteri dan antijamur, dan dengan demikian dapat membantu mengobati iritasi kulit kepala.”

  • Mencegah kanker. 

Jus mengkudu mengandung senyawa yang dapat melawan kanker. Mengkudu diketahui telah menunjukkan sifat-sifat yang merangsang kekebalan dan melawan tumor.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh. 

Sistem kekebalan yang diperkuat adalah manfaat buah mengkudu. Kandungan dcopoletin dalam jus mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

  • Mengurangi stres. 

Manfaat mengkudu dapat membantu mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif. Tapi, hanya meminum jus mengkudu saja tidak bisa memberi Anda hasil yang maksimal. Anda harus berolahraga seperti berlatih yoga atau bermeditasi, dibarengi dengan rutin minum jus mengkudu.

  • Mengobati demam. 

Studi menunjukkan bahwa manfaat buah mengkudu memiliki sifat antivirus dan membantu menyingkirkan batuk, demam, dan nyeri. Sangat penting untuk meminum jus mengkudu setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Paling baik dikonsumsi dalam jumlah kecil. (https://doktersehat.com)

13 Manfaat Daun Mengkudu Muda Untuk Kesehatan

  • Menjaga dari Radikal Bebas.

Kandungan antioksidan pada daun mengkudu dipercaya berkhasiat membantu melindungi sel jantung dari kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas.

  • Menjaga Kesehatan Jantung.

Meskipun belum ada pembuktian secara medis, namun kebanyakan masyarakat berpendapat bahwa khasiat daun mengkudu juga mampu untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Mengatasi Arteriosklerosis

Ektraks alami yang terkandung dalam daun mengkudu dipercaya mampu mengatasi arteriosklerosis atau yang biasa disebut sebagai penyempitan atau pengerasan pada pembulu nadi. Dengan kandungan yang ada dalam daun mengkudu dipercaya dapat menghambat oksidasi lipoprotein yang akan menjadi penyebab penyumbatan di pembulu arteri. 

  • Menambah Stamina Tubuh.

Dengan kandungan alami yang ada dalam mengkudu dan apabila kita rutin mengonsumsi ramuan obat daun mengkudu dipercaya mampu menambah stamina tubuh dan menghindari tubuh yang sering mengalami lemas, letih dan lesu. Sehingga ketika kita merasa lelah saat bekerja, maka tidak ada salahnya menguranginya dengan meminum ramuan obat daun mengkudu.

  • Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Kandungan alami dalam daun mengkudu juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sehingga bagi kita yang mengalami masalah dalam sistem pencernaan, tidak ada salahnya mencoba obat ramuan daun mengkudu.

  • Menyembuhkan Ambein

Salah satu kelebihan daun mengkudu adalah kandungan vitamin A yang banyak. Dengan kandungan vitamin A inilah yang mampu menjadikan daun mengkudu berkhasiat dalam mengobati ambein. 

  • Meremajakan Kulit

Manfaat lain dari daun mengkudu adalah memiliki khasiat untuk meremajakan kulit. Selain itu menjaga agar wajah tetap sehat dan cantik. Yang pastinya tidak akan merusak kulit karena terbuat dari bahan alami yang sudah disediakan oleh alam. Disisi lain pengolahannya juga dengan cara yang alami.

  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti oleh masyarakat pada umumnya. Disisi lain kanker juga memiliki sifat yang ganas sehingga bisa dengan cepat menyebar ke tubuh. Tentu saja upaya pencegahan lebih baik dari pengobatan. Kandungan alami dalam daun mengkudu dipercaya mampu menghambat proses pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh kita. Sehingga dengan rutin mengonsumsi ramuan obat herbal alami dari daun mengkudu akan membantu kita mencegah dari kanker. Dan bagi yang sudah terinfeksi maka meminum ramuan ini pun bisa membantu proses pengobatan karena kemampuan daun mengkudu dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

  • Menurunkan Berat Badan

Kandungan alami daun mengkudu berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, hal ini menjadikan semua kotoran yang ada dalam tubuh bisa dikeluarkan melalui feses maupun urine. Dengan lancarnya pencernaan dan pembuangan akan menghindarkan kita dari perut buncit dan timbunanlemak di bagian tubuh lainnya. Tidak lupa, upaya ini juga harus dibarengi dengan olahraga secara rutin. Karena selain melangsingkan tubuh, harapannya kita juga memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

  • Menormalkan Tekanan Darah

Dengan meminum teh daun mengkudu sesuai anjuran dokter dapat membantu dalam menormalkan tekanan darah.

  • Sebagai Anti-Inflamasi

Sifat anti inflamasi yang dimiliki daun mengkudu terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Disamping itu juga mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung.

  • Memperlambat Proses Penuaan Dini.

Kandungan anti oksidan dalam daun mengkudu dipercaya dapat memperlambat proses penuaan dini, mengatasi penyakit kencing manis, persendian serta tekanan darah.

  • Mengobati Perut Kembung Bayi

Daun mengkudu dipercaya juga untuk mengobati perut kembung pada bayi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencuci daun mengkudu, digulung dan dikucek sebentar pada telapak tangan, kemudian membalurkan pada perut kembung pada bayi. (https://manfaat.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *