Manfaat Tanaman Rosella untuk Kesehatan

Rosella atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Adakalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. 

Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi. (Sumber: https://id.wikipedia.org)

Kandungan Bunga Rosella

Kelopak bunga Rosella punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi.Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Kandunngan vitamin C yang terdapat dalam buunga Rosella lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Sebagai contoh, setiap 100 gr bunga Rosella mengandung 244,4 mg vitamin C, dengan berat yang sama,jeruk hanya mengandung 48 mg, belimbing hanya 25,8 mg sedangkan papaya mengandung 71 mg. Selain kandungan vitamin C yang sangat tinggi, Rosella juga kaya akan mineral seperti kalsium, phosphor, potassium dan zat besi yang sangat penting untuk tubuh. Selain vitamin C, Rosella juga mengandung vitamin B1, B2, niasin dan vitamin D. Tubuh manusia membutuhkan 22 asam amino. Dari 22 ini,18 nya terpenuhi dari bunga Rosella. Dua diantaranya (Arginie dan Lysine) bila bersinergi dengan Glutamid acid (salah satu jenis asam amino) akan merangsang otak untuk menggerakkan hormon tubuh manusia (yang membuat tubuh lebih gairah dan awet muda)

Hasil laboratorium kimia teknik

Dalam 100 gr bunga Rosella mempunyai kandungan zat-zat kimia sebagai berikut :

  • Kalori 49 kal
  • H2O 84,5 %
  • Protein 1,9 gr
  • Fats 0,1 gr
  • Karbohidrat12,3 gr
  • Fiber 1,2 gr
  • Kalsium 0,0172 gr
  • Phospor 0,57 gr
  • Besi 0,029gr
  • B-karotene 3 gr
  • Asam askorbat 0,14 gr

Sedangkan untuk bunga kering terdiri dari 3 % campuran asam sitrat dan anthocyanins gossipeptin 9hydroxyflavone) dan 0,004,00,0005 %

(Disadur dari James A. duke,1983,Hnbook of energy crops. Unpublished)

Dari hasil penelitian Extraksi kelopak bunga Rosella merah menggunakan air didapatkan : Nilai a + (warna merah) maximum16,17 didapatkan pada jumlah bahan 70 gram dengan pelarut 2 L dan lama ekstraksi 25 menit pada suhu 70 C, Kade fe maximum yang didapatkan 30 ppm. Berdasarkan Menkes RI no.235/men.kes.par/VI/79 kadar tersebut masih memenuhi kandungan herba pada kelopak bunga Rosella. (Sumber: http://asihmtq.blogspot.com)

8 Manfaat Teh Bunga Rosella

Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, bunga rosella adalah bunga yang memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Manfaat bunga rosella bagi kesehatan bisa untuk mencegah dan mengatasi beberapa jenis penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga rosella bagi kesehatan :

  • Mengatasi infeksi dan peradangan
    Bunga rosella memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang ada di dalam bunga rosela bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

    Jadi, manfaat bunga rosella bisa untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri atau adanya peradangan. Bunga rosela bisa meredakan nyeri haid, demma, batuk, pilek, dan lainnya.
  • Mengurangi rasa cemas dan depresi
    Bunga rosella ternyata juga memiliki manfaat terhadap kondisi tubuh secara psikis. Manfaat bunga rosella bisa untuk mengurangi rasa cemas dan depresi karena suatu hal tertentu. Ini dikarenakan rosella mengandung flavonoid.

    Flavonoid yang terkandung di dalam bunga rosela memiliki sifat antidepresan. Pengonsumsian bunga rosela baik dalam bentuk teh maupun olahan lainnya bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan santai.
  • Mencegah tumor dan kanker
    Tumor dan kanker adalah masalah medis yang sangat serius dan menyeramkan. Oleh karena itu, cegahlah sebelum hal itu menyerang Anda. Anda bisa mengonsumsi bunga rosella untuk mencegah tumor dan kanker karena rosela mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.
  • Menjaga kesehatan pencernaan
    Kondisi kesehatan saluran pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Saluran pencernaan yang sehat juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, kesehatan saluran pencernaan harus tetap dijaga.

    Bunga rosella bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pengonsumsian bunga rosela bisa melancarkan buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.
  • Menjaga kesehatan organ hati
    Manfaat bunga rosela bisa menjaga kesehatan organ hati agar terhindar dari berbagai jenis masalah medis. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam bunga rosella terbukti mampu mengobati masalah atau gangguan hati.

    Kandungan antioksidan pada bunga rosella bisa menangkal radikal bebas dan menetralisir racun yang ada di jaringan dan sel-sel tubuh. Ini membuat kerja hati menjadi lebih ringan karena racun-racun di dalam tubuh sudah banyak terbuang oleh antioksidan.
  • Menurunkan kadar lipid darah
    Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan dan organ hati, manfaat bunga rosella juga bisa menjaga kesehatan organ jantung dan pembuluh darah. Bunga rosela bisa menurunkan kadar terigliserida dan kolesterol jahat atau kolesterol LDL di dalam tubuh.

    Kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang rendah sangat berdampak pada sistem kardiovaskular Anda. Jantung dan pembuluh darah akan tetap sehat jika kadar kolesterol LDL dan trigliserida tetap rendah di dalam darah.
  • Menurunkan tekanan darah
    Tekanan darah juga hal yang tak kalah pentingnya untuk dijaga di samping kadar lipid darah. Tubuh sehat harus memiliki tekanan darah yang normal. Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) merupakan indikator adanya masalah medis pada tubuh.

    Konsumsi bunga rosella bisa membantu tubuh untuk menjaga dan mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Manfaat bunga rosella bisa menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Oleh karena itu, penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi teh rosella secara rutin.
  • Menurunkan berat badan
    Rosella juga memainkan perannya sebagai teh pelangsing. Bagi Anda yang memiliki masalah untuk menurunkan berat badan, minum teh rosella bisa menjadi sebuah solusi. Ini dikarenakan manfaat bunga rosella bisa menurunkan berat badan Anda.

    Bunga rosella bisa menghambat produksi amilase sehinga akan menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan maka ini bisa menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan Anda.

4 Efek Samping Bunga Rosella

Selain memiliki manfaat, bunga rosela juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diwaspadai. Efek samping bunga rosela ini perlu menjadi perhatian karena bisa menimbulkan masalah medis yang fatal.

Berikut ini adalah beberapa efek samping bunga rosela :

  • Merangsang menstruasi
    Jika Anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan maka sebaiknya tidak mengonsumsi bunga rosella. Efek samping bunga rosella bisa memengaruhi hormon estrogen dan akan merangsang terjadinya menstruasi. Ini bisa menggagalkan rencana kehamilan Anda dan membahayakan janin.
  • Menurunkan tekanan darah
    Bunga rosella sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi tetapi memiliki risiko bagi penderita hipotensi. Manfaat bunga rosella yang bisa menurunkan tekanan darah tentunya tidak baik bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah.

    Anda bisa memiliki tekanan darah yang semakin rendah lagi. Tekanan darah yang sangat rendah bisa menyebabkan rasa lemas dan pusing yang sangat parah sehingga bisa menyebabkan pingsan tiba-tiba.
  • Menimbulkan efek halusinasi
    Pada beberapa orang tertentu, pengonsumsian bunga rosela bisa membuat orang berhalusinasi. Efek samping rosella juga bsia membuat orang tersebut merasa seolah-olah seperti orang mabuk. Jangan mengonsumsi teh bunga rosella jika Anda sedang mengendarai.
  • Memicu reaksi alergi
    Efek samping bunga rosella yang lain bisa memicu munculnya reaksi alergi. Pada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap kandungan bunga rosella bisa mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, mata merah dan berair, demam, pusing, dan lainnya. Hentikanlah konsumsi bunga rosela jika Anda mengalami reaksi alergi. (Sumber: https://doktersehat.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *