Obat Infeksi dan Batu Ginjal

Terjadinya Infeksi pada ginjal diawali pada saluran  kemih dan bila dibiarkan akan merambat sampai ke ginjal. Gejala yang ditimbulkan infeksi ginjal yaitu : Demam, nyeri pada perut, pinggang paha dan tubuh bagian samping, intensitas buang air kecil meningkat, sakit ketika kencing, terdapat cairan /darah diurine.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi dan menghancurkan batu ginjal bisa melalui beberapa cara, salah satunya dengan memanfaatkan aneka jenis tanaman obatan herbal.

Kegunaan tanaman obat-obatan herbal yang di ulas di bawah ini di dapatkan dari berbagai sumber referensi terutama kesaksian penderita ginjal seperti: pembengkakan ginjal, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih. Cara pemamfaatan tanaman obatan herbal dengan cara di rebus dengan air, kemudian airnya di minum secara rutin setiap hari. (Sumber: masyarakat Danau Ranau Kab. OKU Selatan.)

1. Daun Kumis Kucing

Kandungan senyawa aktif dalam daun kumis kuncing menimbulkan efek farmakologis yang bersifat anti radang, mengobati infeksi saluran kemih dan sebagainya.

2. Daun Keji Beling

Kandungan keji beling di antaranya kalium di dalam daun keji beling berfungsi sebagi diuretik alami yang dapat menghancurkan batu yang ada di dalam kandung kemih, kantung empedu maupun ginjal.

3. Akar Alang-alang

Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal. Tanaman alang-alang mengandung unsur kimia alami seperti glukosa, manitol,  asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin,anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin.

4. Biji Jambu Alpukat

Biji alpukat mengandung antioksidan, serat dan fenolik jauh lebih tinggi dari dagingnya. Dengan demikian biji dari buah alpukat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Tanaman Meniran

Tanaman semak yang satu ini terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun. Kandungan senyawa meniran seperti filantin, dammar, tannin, dll mampu mengatasi peradangan ginjal dan infeksi saluran kemih.

6. Daun Sendok

Daun Sendok mengandung plantagin, aukubin, asamursolik, beta-tosterol, n-hentriakontan, dan plantaglusidem juga mengandung tannin, kalium dan vitamin ( B1, C, A), mampu mengatasi gangguan pada saluran kecing, batu empedu, batu ginjal, radang prostat, dll.

7. Daun Tempuyung

Sonchus Arvensis mengandung jumlah kalium yang luar biasa, karenanya daun ini dikenal sebagai obat herba yang dapat menguraikan batu ginjal. Kalium bereaksi dengan menguraikan kalsium karbonat dan mencampur dirinya dengan zat lain yang ditemukan di dalam batu ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *